Friday, 13 January 2017

Menghubungkan LCD Projector dengan Laptop Windows 10



Menggunakan proyektor LCD, terutama untuk presentasi materi dan media pembelajaran, selama ini sudah menjadi rutinitas harian saya di sekolah. Tinggal colok ke notebook, materi yang ada di komputer pun siap ditampilkan. Saya yang malas menulis di papan tulis sangat terbantu dengan adanya teknologi multimedia ini.



Sejauh ini, tak ada masalah yang berarti terkait koneksi laptop dengan proyektor LCD. Begitu kabel VGA dicolok, biasanya laptop akan langsung mendeteksi monitor baru, dan proyektor akan segera menampilkan desktop kita. Kita kemudian bisa memilih sendiri (biasanya menggunakan tombol fn + F8 di laptop ASUS X550Z saya), apakah ingin menampilkan hanya di layar laptop saja, di proyektor saja, atau, yang paling umum dipakai, di kedua layar.

Settingan proyektor di Windows 8.1

Masalah muncul ketika sekolah membeli laptop baru. Laptop merk ASUS A456UF ini (resminya) hanya mendukung OS Windows 10 yang belum familiar kami pakai. Nah, di Win10 ini rupanya setting koneksi ke proyektor agak berbeda dengan di Win8.1.

Ketika laptop dicolok, desktop hanya muncul di layar laptop, meskipun kita sudah mengubah setting layar ke Duplicate. Desktop baru tampil di layar proyektor ketika layar laptop dimatikan (dengan menekan tombol fn+F7). Ini agak merepotkan juga, terutama karena posisi layar LCD berada di depan kelas, artinya guru yang duduknya membelakangi layar harus sering-sering menengok ke belakang mengingat layar laptop tak menampilkan apa-apa.

Setelah gugling, saya baru tahu kalau ada settingan khusus untuk menampilkan desktop di kedua layar. Caranya sebenarnya sederhana, hanya kalau sudah terbiasa dengan teknik plug-and-play yang biasa ada hingga Windows 8.1, ya rasanya merepotkan juga. Berikut langkah-langkahnya:

0. Sebelumnya pastikan proyektor sudah menyala dan terhubung ke laptop.
1. Klik tombol Start, pilih menu Settings.


2. Dari menu Settings, pilih System untuk masuk ke pengaturan Display.



3. Menu Display muncul di paling atas dan secara default jadi yang pertama ditampilkan di pengaturan System. Pilih Advanced Display Settings di bagian paling bawah menu.


4. Jika laptop dan proyektor sudah terhubung, kedua layar akan terbaca dan status di Display Settings menjadi 1|2 (jika proyektor tidak terhubung, statusnya hanya menampilkan angka 1). Pilih Duplicate these displays untuk menampilkan desktop di kedua layar sekaligus.

5. Klik Apply. Voila! Akhirnya layar laptop dan proyektor akan sama-sama menampilkan desktop kita secara bersamaan.

Selain itu, di menu ini kita juga bisa mengatur resolusi, tingkat keterangan (brightness), dan orientasi layar. Silakan diutak-atik sendiri sesuai dengan preferensi dan keperluan kita. Selebihnya bisa dipelajari di link berikut ini.


Credits: 
1. Photo “Multimedia Projector” courtesy of Renjith Krishnan (FreeDigitalPhotos.net)
2. A screenshot from my own laptop ASUS X550Z with Windows 8.1.
3-5. Screenshots from ASUS A456UF laptop with Windows 10.

No comments:

Post a Comment